Apakabar teman hotelier ?.....
Sebelum lanjut membahas mengenai Vodka, Gin, Rum, dan
lain-lain yang termasuk kedalam golongan Dry Spirit atau Liquors dan juga semua
minuman yang termasuk Sweet Spirit atau Liqueurs, sedikit akan saya bahas
mengenai cara menghitung staff atau karyawan untuk sebuah restaurant, banquet,
ataupun kitchen dalam sebuah hotel atau bahkan dalam sebuah café dan jenis
dining lainnya, pun bisa di terapkan.
Terasa berat memang pambahasan mengani cara menghitung
staff atau manning guide ini, karena pekerjaan hitung-hitungan sedikit
diantaranya kurang di minati termasuk saya, awalnya kurang bagitu suka tapi
karena terpaksa akhirnya mencoba untuk mengerti.
Satu hal kenapa saya tertarik ingin membahas menganai
manning guide ini, karena beberapa saat yang lalu saya membaca sebuah berita
mengenai ISO (International Standard Organization) yang rencananya untuk tahun
yang akan datang, dimana para profesional hotelier selain harus memiliki
keahlian di bidangnya juga akan ada pembatasan usia untuk para staff yang
secara langsung berhubungan dengan tamu. Berbagai alasan ISO tersebut dibuat,
entah kapan semua itu akan di berlakukan?! Apakah Indonesia akan menerapkan ISO
tersebut?! Tapi, apakah anda menyadari nya bahwa semua itu
telah mendekati anda, bisa menjadi suatu ancaman atau suatu motivasi?!
.........Anda bisa buktikan.......!!!!!! Silahkan cari
di google info lowongan pekerjaan di bidang hotelier, kemudian cari info
lowongan yang mencantumkan maksimal usia. Jangan heran jika anda menemukan
lowongan pekerjaan untuk seorang Supervisor Restaurant maksimal usia 25 tahun!
Silahkan hitung jika seseorang lulusan Diploma 3 perhotelan kurang lebih 21
tahun, berarti dalam 4 tahun maksimal harus bisa berkompetisi dalam operasional
restaurant, penguasaan system, kepemimpinan, penanganan complaint dan lain
sebagainya.
Jika mengacu alasan diatas, Apa yang terjadi? Jika seorang staff sudah
melewati masa usia ideal di posisinya!......Tentunya seorang manager harus
mengganti staff tersebut, dan bukan hal yang mudah dalam menambah staff di
sebuah hotel yang sudah berjalan berbeda dengan hotel yang baru buka, tentunya
memerlukan beberapa alasan kuat untuk persetujuan penambahan staff dari General
Manager, salah satu diantaranya cara menghitung staff ideal atau manning guide.
Tapi, cara menghitung staff ini saya prioritaskan untuk para profesional
hotelier yang telah menjadi Supervisor, dan calon Supervisor sebagai penunjang
keahlian untuk memacu semangat mengejar posisi selanjutnya. Dan
tentunya ilmu ini saya sharing dengan cuma-cuma, sebelum laptop saya meledak
kepenuhan dengan file :)
Cara menghitung staff atau manning guide ini akan
sangat berguna bagi seorang Supervisor dan Managerial level dalam menentukan
jumlah staff yang IDEAL , tentunya disesuaikan dengan banyak factor yang
mempengaruhinya, antara lain:
- Kapasitas tempat duduk (seating Capacity )
Berpengaruh tidak hanya terhadap
operasional pelayanan sebuah restaurant, tetapi juga berpengaruh terhadap
operasional dapur, apalagi disaat restaurant penuh.
- Tingkat kunjungan tamu (Guest Turn Over)
- Penentuan bagian (Section)
Tugas dan tangung jawab untuk seorang
staff di bagi tehadap bagian (section) yang di butuhkan dalam sabuah
restaurant, banquet, café, kitchen dan jenis dining lainnya.
- Restaurant / Banquet / Dining Operasional
Lebih cenderung terhadap lamanya
operasional, yang mempengaruhi terhadap pembagian shift.
- Organization Chart
Setelah menentukan perhitungan
terhadap seating capacity, Guest Turn Over, dan Section tentunya hal yang tidak
boleh terlewatkan adalah membuat Structure Organization Chart
Dari beberapa point yang perlu diperhatikan di atas,
jika dibuat dan dijadikan sebagai pendukung dalam mengajukan permohonan seorang
staff, setidaknya anda sudah mempunyai alasan yang kuat atau mempunyai dasar
permohonan tersebut, disamping selain factor lain yang sangat mempengaruhinya
permohonan itu ditolak yaitu “anggaran”. Tapi pada intinya buatlah seribu alasan
untuk membuat sebuah proposal pengajuan staff, walupun Bos kita mempunyai
sejuta alasan, setidaknya kita bekerja selalu berdasarkan perhitungan dan
analisa.
Sukses para hotelier....