Manning Guide


Apakabar teman hotelier ?.....

Sebelum lanjut membahas mengenai Vodka, Gin, Rum, dan lain-lain yang termasuk kedalam golongan Dry Spirit atau Liquors dan juga semua minuman yang termasuk Sweet Spirit atau Liqueurs, sedikit akan saya bahas mengenai cara menghitung staff atau karyawan untuk sebuah restaurant, banquet, ataupun kitchen dalam sebuah hotel atau bahkan dalam sebuah café dan jenis dining lainnya, pun bisa di terapkan.

Terasa berat memang pambahasan mengani cara menghitung staff atau manning guide ini, karena pekerjaan hitung-hitungan sedikit diantaranya kurang di minati termasuk saya, awalnya kurang bagitu suka tapi karena terpaksa akhirnya mencoba untuk mengerti.

Satu hal kenapa saya tertarik ingin membahas menganai manning guide ini, karena beberapa saat yang lalu saya membaca sebuah berita mengenai ISO (International Standard Organization) yang rencananya untuk tahun yang akan datang, dimana para profesional hotelier selain harus memiliki keahlian di bidangnya juga akan ada pembatasan usia untuk para staff yang secara langsung berhubungan dengan tamu. Berbagai alasan ISO tersebut dibuat, entah kapan semua itu akan di berlakukan?! Apakah Indonesia akan menerapkan ISO tersebut?! Tapi, apakah anda menyadari nya bahwa semua itu telah mendekati anda, bisa menjadi suatu ancaman atau suatu motivasi?!

.........Anda bisa buktikan.......!!!!!! Silahkan cari di google info lowongan pekerjaan di bidang hotelier, kemudian cari info lowongan yang mencantumkan maksimal usia. Jangan heran jika anda menemukan lowongan pekerjaan untuk seorang Supervisor Restaurant maksimal usia 25 tahun! Silahkan hitung jika seseorang lulusan Diploma 3 perhotelan kurang lebih 21 tahun, berarti dalam 4 tahun maksimal harus bisa berkompetisi dalam operasional restaurant, penguasaan system, kepemimpinan, penanganan complaint dan lain sebagainya.

Jika mengacu alasan diatas,  Apa yang terjadi? Jika seorang staff sudah melewati masa usia ideal di posisinya!......Tentunya seorang manager harus mengganti staff tersebut, dan bukan hal yang mudah dalam menambah staff di sebuah hotel yang sudah berjalan berbeda dengan hotel yang baru buka, tentunya memerlukan beberapa alasan kuat untuk persetujuan penambahan staff dari General Manager, salah satu diantaranya cara menghitung staff ideal atau manning guide. Tapi, cara menghitung staff ini saya prioritaskan untuk para profesional hotelier yang telah menjadi Supervisor, dan calon Supervisor sebagai penunjang keahlian untuk memacu semangat mengejar posisi selanjutnya. Dan tentunya ilmu ini saya sharing dengan cuma-cuma, sebelum laptop saya meledak kepenuhan dengan file :)
 
Cara menghitung staff atau manning guide ini akan sangat berguna bagi seorang Supervisor dan Managerial level dalam menentukan jumlah staff yang IDEAL , tentunya disesuaikan dengan banyak factor yang mempengaruhinya, antara lain:
  • Kapasitas tempat duduk (seating Capacity )
Berpengaruh tidak hanya terhadap operasional pelayanan sebuah restaurant, tetapi juga berpengaruh terhadap operasional dapur, apalagi disaat restaurant penuh.

  • Tingkat kunjungan tamu (Guest Turn Over)
Jelas sangat berpengaruh terhadap operasional, baik dalam pelayanan yang membutuhan kecepatan menyajikan makanan dan meyiapkan meja, ataupun dalam membuat makanan oleh chef di dapur yang tentunya membutuhkan kecepatan, kreasi dan rasa yang tetap harus di jaga.
  •  Penentuan bagian (Section)
Tugas dan tangung jawab untuk seorang staff di bagi tehadap bagian (section) yang di butuhkan dalam sabuah restaurant, banquet, café, kitchen dan jenis dining lainnya.
  • Restaurant / Banquet / Dining Operasional
Lebih cenderung terhadap lamanya operasional, yang mempengaruhi terhadap pembagian shift.
  • Organization Chart
Setelah menentukan perhitungan terhadap seating capacity, Guest Turn Over, dan Section tentunya hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat Structure Organization Chart

Dari beberapa point yang perlu diperhatikan di atas, jika dibuat dan dijadikan sebagai pendukung dalam mengajukan permohonan seorang staff, setidaknya anda sudah mempunyai alasan yang kuat atau mempunyai dasar permohonan tersebut, disamping selain factor lain yang sangat mempengaruhinya permohonan itu ditolak yaitu “anggaran”. Tapi pada intinya buatlah seribu alasan untuk membuat sebuah proposal pengajuan staff, walupun Bos kita mempunyai sejuta alasan, setidaknya kita bekerja selalu berdasarkan perhitungan dan analisa.

Sukses para hotelier....