Jenis Restaurant

Restaurant atau restoran mempunyai arti yang sangat beragam namun mempunyai tujuan yang sama atau satu, seperti kata restoran yang di artikan to restore atau restorasi yang berasal dari kata "restaurer" yang berarti adalah memperbaiki atau memulihkan. Arti lain daripada restaurant ialah "Rest" yang berarti tempat untuk istirahat dan "Taurant" dapat diartikan bangunan yang di buat secara permanen.
Dari pengertian Restauant tersebut dapat kita simpulkan bahwa Restaurant berarti sebuah tempat yang permanen yang menyediakan layanan makanan dan minuman.

Berikut beberapa jenis restaurant berdasarkan jenis pelayanan

  1. Coffee Shop ialah sebuah restaurant yang pada mulanya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dan teh secara cepat, tetapi karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan yang sangat komplek dan tidak ada habisnya, pun perkembangan coffee shop seperti sekarang ini. Sejarah coffee shop ini berasal dari Amerika dimana ciri pelayanan dan penyajiannya yaitu secara cepat, makanan sudah di porsikan dalam suatu piring atau yang di sebut dengan "ready on the plate" dengan istilah pelayanannya yaitu American service. Coffee Shop dikategorikan kedalam restaurant yang informal dan biasanya buka untuk 24 jam dan itu sering di temui di hotel.
  2. Fine Dining ialah sebuah restaurant yang sangat mengutamakan pelayanan terhadap tamunya. Dari kualitas pelayanan tersebut, pun dapat mendongkrok harga makanan dengan sendirinya, ciri daripada pelayanan ini ialah menyajikan makanan dari makanan pembuka sampai makanan penutup atau set menu. Selain daripada itu ciri khas lain yang membedakan dengan restaurant pada umumnya ialah dimana pengunjung tidak di perkenenkan menggunakan pakaian yang kurang rapih, contohnya bagi pria wajib menggunakan jas sementara bagi wanita wajib menggunakan gaun, dan diluar itu sangat tidak diperkenankan begituh juga tidak diperkenankan bagi anak kecil bersantap bersama orang tuanya di restaurant jenis ini. kategori restaurant ini ialah kategori restaurant formal.
  3. Grill Room ialah restaurant yang menyajikan dan menawarkan semua produknya yang nomer satu begitu pun dengan pelayanannya yang menggunakan jenis pelayanan ala Perancis dikenal dengan istilahnya "Gueridong Service" yaitu dimana pengolahan dan penyajian makanan dilakukan di depan tamu. Jenis restaurant ini dapat di kategorikan restaurant formal dengan mengedepankan exclusive dan atraksi para pramusajinya yang mengolah dan menyajikan makanan tersebut dengan cara di flambe atau pun dalam bentuk carving.
  4. Cafetaria ialah jenis restaurant dimana semua produk makanannya di pajang dalam suatu meja panjang dan tamu dapat memilih makanan tersebut sesuai dengan selera, kategori restaurant ini ialah restaurant informal dengan jenis pelayanan "self service"
  5. Supper Club ialah jenis restaurant yang pada awalnya di sediakan untuk kalangan atau lingkungan tertentu dalam suatu hotel dan di buka hanya selepas tengah malam saja, maka dari itu disebut dengan Supper Club. Ciri dari restaurant ini ialah sangat mengutamakan hiburan dan minuman sedangkan makanan hanya pelengkap. Kategori restaurant informal
  6. Night Club / PUB / Discotheque ialah jenis restaurant yang hampir mirip dengan Supper Club, hanya perbedaannya yaitu biasanya berdiri sendiri tidak dalam lingkungan hotel.
  7. Specialty Restaurant ialah jenis restaurant yang di sesuaikan dengan konsep makanan minuman, pelayanan, dekorasi hingga ke seragam para pramusajinya. Contohnya restaurant Jepang atau restaurant-restaurant lain yang sejenisnya. Restaurant ini di kategorikan ke dalam restaurant informal.